Senin, 18 Agustus 2008

Q&A Smart Parents for Healthy Children



Beberapa waktu lalu mami pesen buku ini nih dari toko buku langganan mami. Pengarangnya dr. Purnamawati,SpAK, MMPed.
Dokter ini yang mengasuh milis sehat dan web grupsehat dan sering mengadakan PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua), katanya sih PESAT Jkt mau diadakan akhir Nov'08, mami mau ikut ahh..

Bukunya berisi tentang rangkuman2 pertanyaan yang diambil dari milist sehat
Daftar isinya bisa dilihat disini dan disana
Bagus deh buku ini, mami jadi belajar tentang penggunaan obat yang rasional terutama ketika anak sakit. Karena pada waktu anak sakit ortu sering kali panik dan jadi gak rasional..belum lagi kalo ketemu dokter yang royal dalam pemberian resep ato mungkin malah salah diagnosa (dokter kan juga manusia..bukan dewa..). Padahal penyakit2 yang biasanya dialamii anak kecil kebanyakan merupakan penyakit biasa (common problem) dan kebanyakan karena infeksi virus yang tidak memerlukan obat dan dapat sembuh sendiri seiring dengan menguatnya daya tahan tubuh anak. Kan masih sering banget ya kita temui dokter2 yang memberikan resep antibiotik padahal diagnosa penyakitnya sudah jelas2 influensa atau diare.. Kan gak nyambung tuh..antibiotik kan digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Yang ada malah sakitnya gak terobati sesuai dengan guideline yg tepat + dapat efek samping dr penggunaan antibiotik yang tidak tepat juga. Hmm..belum lg peresepan puyer yg ga perlu mami jelasin lg gimana bahayanya..tau gak, di dunia cuma Indonesia aja loh yg pake puyer dengan alasan biar obat lebih ekonomis, padahal dinegara yg lebih miskin dr Indonesia aja ga pake puyer loh..gawat deh..

Hmm..susyah deh nyari dokter yg RUD (Rasional Use of Drugs) sekarang..so mendingan kita aja yg harus gencar nyari informasi terutama tentang kesehatan anak.. Toh informasi sekarang udah gampang didapat kan..Kita bisa search ttg obat2an yang diresepkan dokter ataupun tentang penyakit yang diderita anak dan cari info ttg guideline/penanganan yg tepat thd penyakit tsb. Biasanya sih kalau dapet resep dari dokter, mami cek dulu disini buat nyari kandungan obat dan indikasinya...kalau obatnya berat atau gak nyambung ama penyakitnya, mendingan ga usah ditebus deh...daripada kena efek sampingnya...apalagi buat Samy yg masih bayi, Puji Tuhan sampe sekarang belum kena obat2an..

Kmaren waktu imunisasi Samy sempet dapet oleh2 resep juga dari dokternya..Soalnya di pipi Samy timbul ruam merah2 gitu, kata DSA itu akibat alergi so diresepin salep Apolar-n
tapi kok setelah mami cek eh salepnya mengandung neomisin yg notabene adalah antibiotik ya, kan diagnosanya jelas2 alergi bukan infeksi bakteri??hehehe...so resepnya ga mami tebus deh..ehh 3 hari kemudian hilang kok ruam2nya itu..Emang diagnosa DSA udah bener sih, Samy kena dermatitis atopik yg diakibatkan krna alergi..mami coba ingat2 n cari pencetus alerginya aja...mami curiga ama butter, soalnya beberapa hari itu mami numis bumbu buat bubur Samy pake butter unsalted, begitu distop butternya ruam hilang kok...So ga perlu obat2an kan..? Obat2 yg seperti itu juga ga mengobati penyakitnya kok...fungsinya hanya untuk meringankan gejala saja.

Tapi eman susah sih menerapkan RUD ini...karena kalo anak sakit belum apa2 kita udah panik duluan...Mami juga pernah gitu..hehe...Untungnya papi Samy yang walopun kelihatan cuek eh ga taunya lumayan tenang dan RUD lohh..Waktu Samy sakit batpil umur 4 bulan, wah kesian banget deh mami ngeliatnya...soalnya waktu itu Samy blum bisa batuk jadi kalo mo batuk ga bisa jatohnya jd nangis...awal2 sih mami mencoba bersikap untuk rasional n mikir ga perlu lah berobat toh sakit batuk doang, omongan kanan kiri yg bilang harus cepet2 dibawa ke dokter tuh, jg masih bisa mami anggep angin lalu...trus Samy makin rewel deh n nangis makin kejer krna ga bs batukin,wah tersiksa banget kayanya anak mami ini..mami sempet ngomong ke papi "pi, kita bawa aja yuk Samy ke dokter.." trus papi jawab" Ga usahlah mi...nanti dikasih obat macem2 kan kesian masih kecil..." hmm...untung deh papi jawab gitu..jadi mami paniknya reda...bener deh batuk cuma 2 hari doang rewelnya trus total 4 hari sembuh. Pas Samy lg ada bisul jg gitu...duh sampe seminggu bisulnya ga pecah2 mana warnanya udah mateng banget lg..hihihi...mami kan takut knapa2..trus mami ajak papi ke dokter kata papi ahh bisul doang tar juga pecah sendiri klo belum saatnya pecah ya emang gitu...hehe..bener juga papi, besokkannya bisulnya pecah n kempes deh..
coba kalo kedokter...udah keluar duit, plus lg dioleh2in resep yg aneh2 bin ga perlu..hehe..Jd kayanya ke dokter itu lebih untuk mengobati kepanikan ortu ya daripada mengobati penyakit anak..heheh

Trus selain itu mami juga suka cek2 di mayoclinic, AAP dan IDAI tentang penyakit2 dan guideline yang tepat untuk penanganannya...

Wahh panjang deh kalo diceritain ttg pengalaman2 mami ketemu dokter2 yang asal banget mendiagnosa tanpa bukti2 yg jelas, ngasih resep yg berat2 buat penyakit yg ringan (kan jadi ibarat membunuh kecoa di dalam rumah pake bom, kecoanya mati rumahnya jg ikut hancur )..Jadi daripada kita mengharapkan ketemu dokter yg RUD, mendingan kita aja menjadi pasien yg RUD dan aktif untuk mencari informasi ttg penyakit/pengobatan yg kita alami..

5 komentar:

mamiceline mengatakan...

Dear Mami Cicie,
Wah, tx buat infonya yaa..Aku jadi tertarik dan beli juga buku Q&A di toko bunga langganan Mom:) Hrgnya lbh murah dr di Gramedia yaa:) Cun cayank buat Samy..

Anonim mengatakan...

tapi memang klo anak sakit dikit, orangtua lgsg panik, hbs kan kasian liat bayi tak berdaya gitu...

klo vaya kan emg alergi, jd klo makanan maminya ada yg salah jd pipi & kulit perutnya lgsg bintil2 merah. biasanya cm aq waslap biar bersih trs ksh bedak tabur aja. jd bener jg, sammy mgkn alergi ama butter..

tp butter unsalted itu utk apa sbnrnya mom ? :D

Evy mengatakan...

wah oke nih mi..
jadi pengen beli juga:)

Rikat mengatakan...

Salam kenal maminya sammy...
saya anggota milis sehat, baru akhir ini huting buku2nya bunda wati (Q&A Smart Parents for...), tapi mungkin karena dah ketinggalon setahun dah susah dapetinnya, di gramed di Jogja semua dah ga ada, mohon infonya dong dapetinya....pengen banget punya.
Thx ya, Rikat.

Anonim mengatakan...

buku Q&A Smart parents for healthy children bisa diperoleh di nankrist.multiply.com atau nankrist@yahoo.com
buruan lg ada harga promo lho;p

Google
 
Photobucket