Kamis, 28 Agustus 2008

Batuk, pilek, muntah, diare :( hiks.....

Minggu ini mami dapet ujian..ujian dalam menjalani peran sebagai seorang mama..hehe..bahasanya..
Samy sakit borongan nih....awalnya batuk2 ringan doang...tapi sejak hari senin batuknya jadi semakin parah dan nambah pilek sampe hidung mampet n meler2....kasian anak mami ini jadi ga bisa tidur....maunya digendong terus sama mami....trus selasa pileknya agak reda..eh malah muntah2..tapi klo muntah sih krna mau ngeluarin dahaknya...jadi mami malah senang klo samy muntah...hehe..emang keliatan dimuntahnya ada lendir2 gitu..mami jadi bolak balik ganti seprei deh..trus besoknya nyusul lagi samy pupnya jadi cair and frekuensinya sering...kesian anak mami ini jadi kelihatan lesu dan gak bergairah...biarin deh tempat tidur mami kena pup n muntahnya samy..hehe..
Tapi untungnya walopun muntah n diare, samy tetap banyak minum susu..makannya nih yg gak gitu selera...mami banyakin minum air putih aja..kebetulan samy lagi suka2nya minum dari gelas..
So far mami belum kasih obat apa2...buat batuk pileknya mami cuma terapin home treatment + transpulmin trus sempet juga dibalurin parutan bawang merah campur minyak telon kebadannya waktu agak anget..trus hari ini frekuensi pupnya agak banyak langsung mami suruh si mbak pergi ke apotik buat beli oralit..tapi pas dikasihin samynya gak doyan..mami coba emang rasanya asin sih..pantesan samy malah bergidik kayak geli2 mo pipis gitu loh..kalo dikasih oralit..hehe..tp mami tetap berusaha...mami coba kasih lewat sedotan samy lumayan mau...sambil sedotannya dimain2in di mulutnya..Trus juga susunya mami campur dengan air tajin..tujuannya sih untuk memperbanyak asupan kalori krna kalori dibutuhkan dalam proses penyembuhan.

Mungkin orang2 bakal berpikir mami kok tega banget ya anak udah sakit borongan gini gak dibawa ke dokter..hmm...pendapat orang beda2 sih ya..but every mothers know what best for their children.. Mami cuma berpikir buat apa dibawa kedokter, sementara mami tau klo penyakit2 borongan samy ini adalah common problem in pediatric alias penyakit langganan anak2..dan mami yakin dengan penanganan home treatment dan observasi yg mami lakukan buat samy karena mami berpegang pada guideline yg tepat ( WHO, AAP, sehatgroup, CDC)

so mami coba untuk terapin aja dulu. Lagian obat2an kan cuma untuk memperingan gejala..seperti misalnya obat pengencer dahak..obat buat melegakan hidung yg mampet..hmm..jujur aja sebenernya klo samy lg rewel banget mami kadang terbersit pengen ngasih obat2an tsb biar samy bisa tidur dengan pules..tp mami berdoa supaya semua pikiran itu dibuang jauh2 dan mami diberikan kesabaran dan kekuatan untuk menjaga dan merawat samy dengan intensif sepanjang hari. Samy tetep bobo pules kok selama sakit..tapi bobonya harus digendong mami..lumayan berasa loh tangan jadi berotot selama seminggu ini...hehe

Segala sesuatu kan ada prosesnya..demikian juga dengan penyakit dan proses kesembuhan..biar aja penyakit2 borongan ini sembuh dengan sendirinya..alamiah sesuai prosesnya, infeksi virus kan emang cuma daya tahan tubuh obatnya..toh bukan penyakit2 yg berbahaya.. klo dikasih obat2an yg ada malah lebih berbahaya efek samping obat2nya daripada penyakitnya sendiri..kasian ginjalnya belum sempurna udah diperberat dengan obat2an..

Hmm...makin berasa deh peran sebagai seorang ibu.. (ceila..)salah satunya jadi suster dikala anak sakit..hehe..Malem ini samy udah bisa bobo pules di tempat tidur..makanya mami bisa colongan ngenet..doain ya biar besok pasien mami ini sembuh...Amin

Minggu, 24 Agustus 2008

Huggies Fun Reward..

Kmaren waktu belanja diaper buat Samy...mami baru ngeh kalo Huggies lagi ngadain promo..Promonya yaitu ngumpulin poin yg ada dikemasan huggies apa aja..trus dikirimin ke pihak huggiesnya n 2 minggu setelah itu kita dikirimin hadiah sesuai dengan poin yang kita dapat..untuk lebih jelasnya bisa lihat disini

Pertamanya mami tertarik beli diaper huggies karena di Carefoour lagi ada promo buy 2 get 1 free untuk yg kemasan Jumbo..Jadi lebih murah deh. Dari yg 1 packnya harga Rp.126.000 jadi harga Rp.84.000 berlaku untuk size M, L dan XL. Waktu pertama beli mami cuma beli 2 doang gratis 1...tp setelah mami baca2 katalog promonya..eh kok jadi kepengen ikutan ya..hihihi..
mana di carefour lg promo buy 2 get 1 itu lagi...jadi ya itung2 ngestock diaper n dapet hadiah deh...Ini dia nih hadiah yg mami incer...hadiah utamanya. Untuk pengumpulan 80 poin.



Jadi deh besoknya mami bawa pasukan buat bantuin ngangkut diaper2 yg mami borong dari carefour..hehehe..niat bener yaa..Nih udah kekumpul 80 poin..malah lebih deh kayanya...


Oh iya, promo buy 2 get 1 free di Carefour itu berlaku sampe dengan tgl 26 Agustus 2008. So buat yg mau borong masih bisa nih...hehe.

Kamis, 21 Agustus 2008

Menu hari ini...

Samy udah pinter lg nih makannya...GTMnya udah berlalu..hehe. Untungnya gak lama2 tuh GTM n smoga ga datang lg yaa.. Jadi mami makin semangat deh masak n bikin kreasi resep bubur buat Samy biar samy ga bosen. Hari ini Samy mami bikinin bubur kentang lele saus merah. Hehe, ngarang deh judulnya..So far samy udah nyobain ayam, daging sapi, lele dan belut. Hehe..katanya sih belut tuh bergizi banget loh..terutama buat pertumbuhan anak2..mumpung masih bayi kan apa juga dimakan..kalo udah gede mana mauu..! Kalo ikan laut tar2 aja deh..tunggu samy agak gedean dikit lah...soalnya samy nih punya bakat alergi yg nurun dari mami..jd mami ga berani deh ngasih yg kira2 bakal mencetus alergi. Masak buburnya caranya masih sama sih setiap hari..cuma bahan2nya aja yg dibeda2in biar rasanya beragam..kmaren sempet numis bumbu pake butter tp setelah itu pipinya samy timbul ruam atopik so di stop dl deh...ntar beberapa bulan lg br dicoba lg..Oh iya, sekalian menjawab pertanyaan Mom Baby Vay, klo mami samy pake butter (yg tanpa garam) buat numis bawang putih..makenya dikit aja biar bawang putihnya wangi...trus sesudah ditumis baru deh dicampurin ke sop/buburnya..bisa juga pake olive oil. Sekarang sih mami pakenya olive oil.
Kmaren mami pilih butter yg merk Elle & Virre, karena setelah dicek2 cuma merk itu yg ingridientsnya cuma butter. Yang lain ada butter, salt, trus penambah rasa dll gitu..

Ini resep bubur kentang lele saus merah :

Bahan :
1. Lele setengah ekor
2. Daun Bawang 1 helai (hmm...namanya apa ya klo 1 panjang gitu..?) diris2
3. Jeruk nipis
4. Daun Salam 3 lembar
5. Bawang bombay seperempat siungdi iris2
6. Kentang somay (yg kecil2) 3 buah dikukus
7. Wortel kira2 2 ruas jari diiris2
8. Tomat setengah buah di belah 2
9. Air secukupnya

Cara :
1. Lele dicuci dan dilumuri jeruk nipis, diamkan selama 15 menit (biar ga amis), lalu dicuci lg.
2. Rebus lele, daun bawang, daun salam dan bawang bombay selama 15 menit/sampe lele
mateng.
3. Di panci lain, kukus kentang, wortel dan tomat (tempatnya pisah2 tp kukus bareng)
4. Lalu kalau sudah mateng lelenya diambil dagingnya jangan sampe ada tulang yang ikut, tapi
air rebusan jangan dibuang krna akan digunakan sebagai kaldu.
5. Haluskan kentang dan lele pakai air kaldu sedikit dengan menggunakan blender/food
processor lalu tuang di mangkuk bayi
6. Haluskan tomat (kulitnya dibuang) ,wortel, daun seledri, daun bawang dan bawang bombay +
air kaldu sedikit lalu siram di atas bubur kentang lele

( untuk 2 porsi )

Biasanya kalo sambil makan, samy minumnya air kaldu..entah itu kaldu ayam, sapi atau ikan,.tergantung menunya aja lg masak apa..jd masak kaldunya agak banyakan buat bikin bubur n sekalian diminum. Oh iya..Samy lg belajar minum pake gelas nih..udah mulai pinter loh..awal2 pas diminumin dari gelas yg ada Samy malah tarik napas sambil kaget gitu..tp sambil senyum2..hehe..Sekarang udah mulai glek glek kalo diminumin..tp harus dikit2 dl..kan masih belajar..

Senin, 18 Agustus 2008

Q&A Smart Parents for Healthy Children



Beberapa waktu lalu mami pesen buku ini nih dari toko buku langganan mami. Pengarangnya dr. Purnamawati,SpAK, MMPed.
Dokter ini yang mengasuh milis sehat dan web grupsehat dan sering mengadakan PESAT (Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua), katanya sih PESAT Jkt mau diadakan akhir Nov'08, mami mau ikut ahh..

Bukunya berisi tentang rangkuman2 pertanyaan yang diambil dari milist sehat
Daftar isinya bisa dilihat disini dan disana
Bagus deh buku ini, mami jadi belajar tentang penggunaan obat yang rasional terutama ketika anak sakit. Karena pada waktu anak sakit ortu sering kali panik dan jadi gak rasional..belum lagi kalo ketemu dokter yang royal dalam pemberian resep ato mungkin malah salah diagnosa (dokter kan juga manusia..bukan dewa..). Padahal penyakit2 yang biasanya dialamii anak kecil kebanyakan merupakan penyakit biasa (common problem) dan kebanyakan karena infeksi virus yang tidak memerlukan obat dan dapat sembuh sendiri seiring dengan menguatnya daya tahan tubuh anak. Kan masih sering banget ya kita temui dokter2 yang memberikan resep antibiotik padahal diagnosa penyakitnya sudah jelas2 influensa atau diare.. Kan gak nyambung tuh..antibiotik kan digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. Yang ada malah sakitnya gak terobati sesuai dengan guideline yg tepat + dapat efek samping dr penggunaan antibiotik yang tidak tepat juga. Hmm..belum lg peresepan puyer yg ga perlu mami jelasin lg gimana bahayanya..tau gak, di dunia cuma Indonesia aja loh yg pake puyer dengan alasan biar obat lebih ekonomis, padahal dinegara yg lebih miskin dr Indonesia aja ga pake puyer loh..gawat deh..

Hmm..susyah deh nyari dokter yg RUD (Rasional Use of Drugs) sekarang..so mendingan kita aja yg harus gencar nyari informasi terutama tentang kesehatan anak.. Toh informasi sekarang udah gampang didapat kan..Kita bisa search ttg obat2an yang diresepkan dokter ataupun tentang penyakit yang diderita anak dan cari info ttg guideline/penanganan yg tepat thd penyakit tsb. Biasanya sih kalau dapet resep dari dokter, mami cek dulu disini buat nyari kandungan obat dan indikasinya...kalau obatnya berat atau gak nyambung ama penyakitnya, mendingan ga usah ditebus deh...daripada kena efek sampingnya...apalagi buat Samy yg masih bayi, Puji Tuhan sampe sekarang belum kena obat2an..

Kmaren waktu imunisasi Samy sempet dapet oleh2 resep juga dari dokternya..Soalnya di pipi Samy timbul ruam merah2 gitu, kata DSA itu akibat alergi so diresepin salep Apolar-n
tapi kok setelah mami cek eh salepnya mengandung neomisin yg notabene adalah antibiotik ya, kan diagnosanya jelas2 alergi bukan infeksi bakteri??hehehe...so resepnya ga mami tebus deh..ehh 3 hari kemudian hilang kok ruam2nya itu..Emang diagnosa DSA udah bener sih, Samy kena dermatitis atopik yg diakibatkan krna alergi..mami coba ingat2 n cari pencetus alerginya aja...mami curiga ama butter, soalnya beberapa hari itu mami numis bumbu buat bubur Samy pake butter unsalted, begitu distop butternya ruam hilang kok...So ga perlu obat2an kan..? Obat2 yg seperti itu juga ga mengobati penyakitnya kok...fungsinya hanya untuk meringankan gejala saja.

Tapi eman susah sih menerapkan RUD ini...karena kalo anak sakit belum apa2 kita udah panik duluan...Mami juga pernah gitu..hehe...Untungnya papi Samy yang walopun kelihatan cuek eh ga taunya lumayan tenang dan RUD lohh..Waktu Samy sakit batpil umur 4 bulan, wah kesian banget deh mami ngeliatnya...soalnya waktu itu Samy blum bisa batuk jadi kalo mo batuk ga bisa jatohnya jd nangis...awal2 sih mami mencoba bersikap untuk rasional n mikir ga perlu lah berobat toh sakit batuk doang, omongan kanan kiri yg bilang harus cepet2 dibawa ke dokter tuh, jg masih bisa mami anggep angin lalu...trus Samy makin rewel deh n nangis makin kejer krna ga bs batukin,wah tersiksa banget kayanya anak mami ini..mami sempet ngomong ke papi "pi, kita bawa aja yuk Samy ke dokter.." trus papi jawab" Ga usahlah mi...nanti dikasih obat macem2 kan kesian masih kecil..." hmm...untung deh papi jawab gitu..jadi mami paniknya reda...bener deh batuk cuma 2 hari doang rewelnya trus total 4 hari sembuh. Pas Samy lg ada bisul jg gitu...duh sampe seminggu bisulnya ga pecah2 mana warnanya udah mateng banget lg..hihihi...mami kan takut knapa2..trus mami ajak papi ke dokter kata papi ahh bisul doang tar juga pecah sendiri klo belum saatnya pecah ya emang gitu...hehe..bener juga papi, besokkannya bisulnya pecah n kempes deh..
coba kalo kedokter...udah keluar duit, plus lg dioleh2in resep yg aneh2 bin ga perlu..hehe..Jd kayanya ke dokter itu lebih untuk mengobati kepanikan ortu ya daripada mengobati penyakit anak..heheh

Trus selain itu mami juga suka cek2 di mayoclinic, AAP dan IDAI tentang penyakit2 dan guideline yang tepat untuk penanganannya...

Wahh panjang deh kalo diceritain ttg pengalaman2 mami ketemu dokter2 yang asal banget mendiagnosa tanpa bukti2 yg jelas, ngasih resep yg berat2 buat penyakit yg ringan (kan jadi ibarat membunuh kecoa di dalam rumah pake bom, kecoanya mati rumahnya jg ikut hancur )..Jadi daripada kita mengharapkan ketemu dokter yg RUD, mendingan kita aja menjadi pasien yg RUD dan aktif untuk mencari informasi ttg penyakit/pengobatan yg kita alami..

Senin, 11 Agustus 2008

Imunisasi Hepatitis B

Samy imunisasi lg nih...kali ini imunisasinya hepatitis B yang ke hmm...tiga kayanya (kudu liat buku imunisasi dulu..) nama vaksinnya Enggerix B. Tapi kali ini Samy ngamuk berat di rumah sakit..Bukan karena sakit disuntik..tapi krna Samy lg asik bobo pules banget trus tiba2 kebangun karena udah giliran ditimbang n diukur panjangnya..Maaf ya nak..Mami jadi ngerasa bersalah..
Harusnya sebelum ditimbang Samy mami bangunin n ajak main2 dulu biar ga kaget ya...tapi penyesalan selalu datang belakangan..Samy marah pas lg ditimbang...trus digendong mami dulu biar reda nangisnya...pas ditaro lg buat diukur panjangnya, wah ngamuk lg...gitu juga di ruangan dokter...tadinya udah diem..tapi begitu didudukin di meja periksa langsung ngamuk lagi..hiks..Pak dokter suruh mami gendong Samy dulu...ya udah digendong deh n Samy langsung reda nangisnya...trus pas dibaringkan lagi di meja buat disuntik ngamuk lagi...ya udah akhirnya buru2 deh...padahal banyak yg mau mami tanyain sama pak dokternya...tentang imunisasi booster samy dan rencana simultan imunisasi mmr dan varicella.

Oh iya, berat Samy sekarang udah 9kg, panjang 73cm..tapi kayanya timbangan di RS itu salah deh..Mami udah curiga selama ini..kayanya sih kurang 500gr. Ada Bapak2 yang lg nunggu di ruang tunggu juga bilang gitu..anaknya klo ditimbang disitu 7kg, tp dirumah 7,5kg. Berarti Samy 9,5kg doong.. Yah berapapun itu..yg penting Samy sehat selalu dan perkembangannya bagus..dan yg paling bikin mami bahagia, berat Samy naik 1kg dari bulan lalu..padahal biasanya susah buat naikin berat bayi 1kg perbulannya klo udah di atas 6 bulan..karena kan udah bayinya udah mulai banyak beraktifitas..

Anak mami ini sekarang lg manja2nya nih...pengennya digendong melulu ama maminya, kalo gak mami harus dideket Samy nemenin Samy main..misalnya lg main di tempat tidur, klo mami keliatan mau turun dari tempat tidur aja Samy langsung teriak "Hee..Heeee.." dengan tampang ga suka gitu..trus kalo udah digendong maunya dibediriin..wah udah pengen cepet2 jalan ya anak mami...Ada yg bilang mami terlalu manjain Samy, klo anak cowok jgn terlalu dimanjain gitu...klo Samy nangis katanya mami langsung buru2 nyamperin..ya iyalah..masa anak bayi nangis dibiarin aja..hihi...biarin deh bodo amat mo dibilang apa..yang penting I LOVE MY BABY ..

Minggu, 10 Agustus 2008

begadang

Udah seminggu ini Samy begadang mulu nih....bobonya selalu di atas jam 12 malem. Waduh, padahal mami udah ngantuk berat, mata udah 5 watt..tapi Samy masih seger buger. Guling sana sini, ngoceh2..ambil2 mainannya..pokonya ga ada ngantuk2nya...
Hmm...mungkin emang masanya ya..Samy lg seneng banget eksplorasi hal2 baru..trus juga udah ga begitu sering lg masukin barang ke mulutnya..malah lebih sering dipegang2, disentuh, trus digerak2in..hihi..makin pinter nih anak mami..
Aduh nak, dengerin lagunya bang Roma deh...Begadang..jangan begadang..

masak again....

Ceritanya tuh di kulkas masih banyak banget kabochanya Samy yg dibeli minggu lalu..ya udah, daripada sayang tar busuk mendingan mami olah aja deh. Nyari2 resep di internet trus ketemu deh yg bahan n cara masaknya simpel. Pas Samy lg bobo siang mami curi2 waktu deh bikin adonan kue trus masukin ke oven..trus pas liat Samy di kamar eh taunya udah bangun..sambil nunggu kue mateng ya udah mami main2 ama samy....Jadi deh kuenya..

Bolu Kabocha Keju


Trus waktu pagi2nya mami masak sayur asem + ayam goreng bumbu kuning + tahu, tempe + sambel terasi..wahh bener2 jauh deh diet dari jadwal..hehehe...ini dia foto sayur asemnya...yg laen gak sempet difoto dah keburu abis..hehe.. Samy cepet gede donk..biar nanti mami masakin yg enak2 yaa..biar Samy gendut kayak mamimu ini..hahaha

Sayur asem

Jumat, 08 Agustus 2008

spaghetti bolognese


Hari ini mami iseng2 nyobain bikin spaghetti..dapet resepnya hasil browsing n dimodifikasi sesuai selera sendiri..hehe..lumayan deh hasilnya gak kalah ama yg buatan restoran :D mami ngajakin kak agnes, kak dessy dan mamanya main ke rumah..seneng deh liat mereka lahap makan spaghetti buatan mami..sayang nih Samy blum bisa makan..tar deh kalo Samy udah gede mami bikinin yg banyak ya buat Samy n harus dihabisin loh..! Sebenernya selain spaghetti juga ada milkshake coklat sebagai minumannya tp ga sempet difoto..hmm...spaghetti ama milkshake coklat, batal deh dietnya :D

Kamis, 07 Agustus 2008

Rajin sikat gigi

Beberapa hari yang lalu mami cerita ama tante Irene(mami zhora) kalo Samy lg numbuh gigi. Trus tante irene suruh mami nyari sikat gigi oral B yg stage 1. Katanya sih zhora pake yg itu..sikatnya lembut. Trus pas lagi di supermarket mami langsung hunting deh tuh sikat gigi..tapi pas liat2 di rak sikat gigi bayi..mami kok lebih suka ama yg merk Jordan ya...bagus deh sikat giginya. Designnya pas banget buat bayi..Pegangannya bulet dan ada brindilan2 buat perangsang tumbuh gigi gitu loh..jadi bisa berfungsi sebagai teether. Udah gitu gagang sikatnya juga gak panjang..jadi gak takut kecolok sampe dalem banget klo lg dipake ama bayi, bulunya jg lembut bgt. So mami gak jadi beli si oral B..hehehe..Pas sampe rumah dikasih ama samy..eh samy seneng loh...Samy rajin sikat gigi nih sekarang..hihihi..Maksud mami sih pengen memperkenalkan sikat gigi sejak dini ke Samy..jadi nanti kalo udah agak gedean Samy udah akrab ama sikat gigi n smoga jadi rajin untuk sikat gigi yaa..

Jumat, 01 Agustus 2008

Happy 7 months, Samy..!

Puji Tuhan, samy sekarang udah 7 bulan. Terima kasih Yesus, sudah menjaga dan melindungi Samy selama 7 bulan ini..

Mami rasanya makin sayang deh sama Samy. Apalagi sebulan terakhir ini mami hampir2 tak terpisahkan ama Samy..berpisahnya cuma kalo mami lagi mandi aja. Selebihnya dimana ada diriku, pasti ada dirimu Samy..hehe.. Soalnya mbak yg baru kerja di rumah kita kayanya gak kwalitet untuk nemenin bayi..jadinya mami gak percaya mau nyerahin Samy ke dia..so kemanapun mami pergi, samy selalu ada di dalam gendongan mami. Samy jarang banget mau di stroller..lebih suka digendong ama mami..walopun lg jalan2 dikeramaian, Samy bisa bobo dengan tenangnya didalam gendongan mami..begitu ditaro di stroller pasti langsung bangun lagi..walopun cape tapi mami bangga..berarti samy sangat merasa nyaman di dalam dekapan mamimu ini ya nak..? cape n pegelnya bahu mami ngiter2 mal selama 3 jam sambil gendong samy jadi ga berasa..apalagi begitu samy bangun langsung ketawa2 riang gembira ngeliat mami..

Kalo di rumah juga gitu, mami selalu nemenin samy main..karena samy sekarang udah mulai guling sana sini..jadi harus dalam pengawasan mami terus..Samynya juga ga mau kalo ditinggalin or dicuekin..maunya ditemenin main, atopun digendong mami..kalo lg bobo juga mami selalu nungguin samy..karena samy sekarang udah mulai suka bangun trus langsung celingak celinguk nyariin mami...klo mami gak keliatan Samy pasti langsung nangis..jadinya begitu samy bangun mami harus stand by dan langsung manggil samy.."mami ada di sini sayang.."

Sekarang berasa banget kedekatan kita, mami n samy kayak pasangan yg tak terpisahkan.hehe..kadang papi suka ngiri tuh...mami juga jadinya ga melewatkan perkembangan Samy yang semakin hari semakin membuat mami bahagia..padahal dulu mami paling bosen ama rutinitas..tapi rutinitas sebagai seorang ibu rumah tangga yg mami alami sekarang ini gak pernah terasa membosankan dengan warna2 yang selalu Samy hadirkan disetiap hari2 mami. Mami akan selalu memberikan yang terbaik buat Samy..waktu samy masih di dalam perut mami udah memutuskan untuk menjadikan Samy prioritas di dalam kehidupan mami..terutama di tahun2 pertama kehidupan samy..that's why i gave up my job..so that i can take care of you with my own hand..

Anak mami juga sekarang makin pinter..kalo bobo udah jarang banget harus digendong2 dulu...paling cuma dimiringin aja ditempat tidur trus ditepuk2 lembut pundaknya..atau dibelai2 kepalanya..trus bobo deh...makannya juga udah mulai lahap lagi... mami jadinya tambah semangat deh bikin bubur yang enak2 dan bergizi buat samy..

Gak berasa ya..bayi kecil yang dulu mami bawa pulang dari rumah sakit sekarang udah bertumbuh menjadi bayi gede yang udah banyak kepintarannya..

Selamat ulang bulan ya Samy...
Google