Kamis, 08 Mei 2008

Laper melulu...

Hmm...smenjak masuk 4 bulan samy bawaannya laper melulu. Yang tadinya mimik susu bisa jarak 3-4 jam sekarang jadi 1-2 jam..gawat..gawat... Bibirnya kerucut kalo udah kelaperan.hihihi.
Berhubung samy ga asi eksklusif, jadi DSAnya nyaranin supaya samy mulai dikasih mamam bubur susu aja dikit2. Soalnya kalo porsi sufornya yang ditambahin ntar kebanyakan. Sekarang aja sehari samy bisa ngabisin 1000-1200cc perhari. Emang dari yg mami pernah baca beberapa tanda bayi siap makan mulai keliatan di samy sekarang ini.

Nih dia tanda2 bayi siap makan :
  1. Berat badan bayi sudah mencapai 2 kali berat lahir.
  2. Bayi sudah bisa duduk dengan disangga yang memungkinkan ia untuk maju ketika ia ingin makan dan mundur apabila ia menolak.
  3. Bayi sudah bisa mengontrol kepala dan lehernya, dan bisa menoleh ketika ia menolak makan.
  4. Bayi sudah berhenti menunjukan “extrusion Reflex” dimana jika anda meletakan sendok pada mulutnya makanan yang ia masukkan keluar lagi dari mulutnya.
  5. Bayi dapat memasukan sesuatu kemulutnya.
  6. Terlihat tertarik dengan orang yang makan disekitarnya.
  7. Mulai bangun dimalam hari
  8. Terlihat masih lapar setelah diberi delapan hingga sepuluh kali ASI atau 1200 cc susu formula
Yasud deh walopun sekarang dianjurkan untuk mengenalkan bayi dgn makanan padat umur 6 bulan, tapi mami nyuri start mulai 4bln. Tapi mami mulai pelan2 dulu biar samy ga kaget n terbiasa.

Trus mami konsul ama DSAnya mengenai air tajin. Menurut DSAnya (dan menurut info yg udah mami kumpulin dr berbagai macam situs&blog) air tajin tuh kandungan vitaminnya nggak lengkap. Cuma vitamin B dan karbohidrat. Jadi air tajin dapat menggantikan susu tapi lebih direkomendasikan untuk digunakan sebagai pelarut susu. Biar anaknya cepet kenyang dan porsi susunya bisa pas. Soalnya kalori yang terkandung lebih besar dibanding dgn susu yang dilarutkan dengan air putih biasa.

Untuk awal mami coba nyampurin susunya samy dengan air tajin biar samy ngga laperan mlulu. Air tajin yang mami buat yaitu air tajin beras merah dari beras organic GASOL
Berasnya dianter kerumah. Mami pesen beras merah dan beras putih pandan wangi masing2 2kg. Kayanya kebanyakan deh...So sebagian berasnya mami buat jadi tepung beras buat dijadikan bubur susu..

Cara membuat tepung beras home made:
- Ambil sejumlah beras yang mau dibuat tepung, lalu cuci seperti sebelum
memasak nasi.
- Sangrai beras yang sudah dicuci sampai kering.
- Blender/tumbuk beras sampai halus
- Ayak tepungnya sampai benar2 halus, yang masih kasar blender ulang dan
ayak lagi.
- Simpan di wadah yang kering dan tertutup.







1 komentar:

chia mengatakan...

mba cicie,
dulu aksan juga mulai MPASInya 4 bulan koq.. emg dsuru DSA dsini begitu..

Google
 
Photobucket